Background

Review Toyota Starlet Kotak


Starlet Kotak
Untuk review kali ini, ada hatchback mungil legendaris keluaran Toyota. Siapa lagi kalau bukan Starlet. Tapi kali ini saya khusus membahas Toyota Starlet keluaran tahun 1985-1989 yang biasa dikenal dengan Starlet “kotak” (Starko). Mobil ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi sahabat yang menginginkan mobil hatchback yang lincah di lalu lintas perkotaan, tapi dengan budget terbatas.

Disimak yaa....

Starlet kotak pertama diluncurkan di Indonesia pada tahun 1985 dan berakhir pada 1989 yang kemudian digantikan oleh Starlet “kapsul”. Starlet kotak dibedakan menjadi 2 tipe berdasarkan kapasitas mesin yang diusungnya. Starlet EP70 yang dikenal juga dengan tipe XL dengan mesin 1000cc dan Starlet berkode EP71 untuk mesin 1200cc.

Spesifikasi

Toyota Starlet kotak XL1000cc menggunakan mesin 2K
Starlet kotak 1200cc menggunakan mesin seri 3K. Kedua tipe mesin tersebut menggunakan karburator sebagai pengabut bahan bakar dan menggunakan platina untuk pengapiannya.

Mesin 
Karena masih menggunakan mesin yang sederhana, tidak terlalu repot untuk melakukan perawatannya. Selain itu waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan tentu saja dengan biaya yang lebih ramah bagi kantong mahasiswa. Apalagi mesin Toyota Starlet terkenal bandel dan sparepartnya mudah ditemukan.

Karena Starlet tipe ini telah menggunakan penggerak roda depan, tidak sama dengan pendahulunya yang menggunakan penggerak roda belakang, maka masalah yang sering timbul yaitu pada kaki-kaki depan yang agak lemah. Ini disebabkan bagian depan yang melakukan pekerjaan multitasking. Selain itu Starlet kotak belum menggunakan Power Steering. Tapi dengan bodynya yang mungil, Starlet kotak cukup lincah untuk bermanuver dipadatnya lalu lintas perkotaan.
Interior

Starlet kotak XL tahun 1985-1988 dapat sahabat peroleh dengan harga kisaran 20-25 juta tergantung kondisi kendaraan, sedangkan untuk Starlet yang kapasitas mesinnya lebih besar, 1200cc tahun 1988-1989 dipasaran dibandrol antara 30-35 juta saja.

Categories: Share

Leave a Reply