Background

Review Mazda MR90



Mobil Rakyat yang “Terlupakan”

Suatu pagi yang cerah, diperjalanan pulang kerumah saya melihat sebuah hatchback mungil terparkir didepan sebuah rumah dengan tanda “DIJUAL” pada kaca depannya. Iseng saya berfikir untuk menanyakan tentang mobil tersebut pada pemiliknya. Pemilik mobil tersebut mengatakan bahwa mobil tersebut keluaran tahun 1992, kurang lebih usianya sama dengan saya. hehe.

Mazda MR90
Mobil tersebut adalah Mazda MR90. Hatchback mungil keluaran Mazda yang tujuan awal diluncurkan sebagai mobil rakyat. Sedikit cerita tentang sejarah Mazda MR90, mobil tersebut adalah “reborn” dari Mazda 323 familia yang beredar antara tahun 1978-1980. Pada saat itu bos Indomobil Soebronto Laras membeli cetak biru mobil tersebut untuk dijadikan program mobil rakyat bagi pemerintah (MR90= Mobil Rakyat 90). Tapi apa hendak dikata, ternyata pemerintah lebih memilih mobil Timor untuk dijadikan proyek mobil nasional dan secara desainpun lebih bisa diterima masyarakat.

Untuk itu kali ini saya akan memberi sedikir review untuk sahabat yang sedang mencari mobil dengan budget sangat terbatas. Bahkan mobil ini bisa diperoleh dengan harga sebuah motor matic baru saja. Berikut spesifikasi mobil murah yang “terlupakan” ini:

Spesifikasi:
Mesin MR90 menggunakan mesin 1400cc SOHC 70Hp dengan sistem bahan bakar karburator. Kurang lebih sama dengan sang adik Mazda Vantrend, mobil jenis wagon yang pernah saya bahas disini . Menggunakan sistem penggerak roda belakang yang sangat jarang bahkan tidak ada yang menggunakan pada mobil kecil keluaran tahun 1990 keatas, sehingga mobil ini cukup mumpuni dijalan menanjak. Bore X Stroke : 77.0 X 76.0 mm dan P x L : 3820 x 1595mm.

Pada tahun 1993 diluncurkan versi baru dari mobil ini yang diberi nama Mazda Baby Boomers. Ini merupakan versi penyempurnaan dari MR90, sekaligus juga tahun terakhir hatchback ini beredar di Indonesia yang kemudian digantikan Mazda Vantrend. Perbedaan dengan versi sebelumnya terletak pada:

•    Bumper depan dan belakang yang sebelumnya menggunakan plat kini menggunakan bahan plastik.
•    ada rear wing n rear wiper
•    velg berganti dengan velg racing 13inch yang sebelumnya menggunakan velg kaleng.
•    Pengapian menggunakan CDI yang tentu lebih stabil. Versi sebelumnya menggunakan platina.

Untuk yang berminat dengan hatchback ini tidak perlu merogoh kocek dalam. Cukup dengan budget 10-20 juta saja sahabat tidak perlu lagi kehujanan dan sudah mendapatkan mobil dengan mesin bandel, irit dan minim perawatan.

Categories: Share

Leave a Reply